BLOG YANIEJ

Yang Unik Emang Syiokkk!!

Penemuan Ular Purba Berkaki dari Libanon



Dari penelitian terbaru terhadap fosil ular yang diperkirakan telah berusia 95 juta tahun,terungkap bahawa ada dua tulang kaki kecil yang tersambung ke tulang pinggul haiwan tersebut.



fosil yang ditemu di Libanon tersebut berasal dari zaman dahulu di mana ular tersebut belum kehilangan kaki belakang.




tulang tersebut akan segera dilakukan untuk membantu para peneliti memahami bagaimana ular berubah hingga kehilangan kakinya itu.

Ada perdebatan yang menghangat di kalangan paleontologist,apakah ular berkaki itu merupakan cicak yang berenang dalam air atau cicak yang melata di darat.



tulang kaki berukuran panjang satu inci (sekitar 2,5 centimeter) terlihat pada fosil ular Libanon.Sayangnya,separuh bahagian punggul ular itu terkubur di dalam batu,” kata Alexandra Houssaye, peneliti dari Museum National d’Histoire Naturelle, Paris, Perancis.

Ular yang panjangnya 19 inci (sekitar 50 centimeter)ini merupakan Eupodophis descouensi,yang merupakan satu dari tiga fosil ular yang pernah ditemukan memiliki kaki.

Untuk itu, peneliti akan menggunakan teknik yang disebut sebagai synchrotron-radiation computed laminography (SRCL).Serupa dengan pemindaian medis CT scan, SRCL menggunakan sinar X untuk menggambarkan struktur dalaman dari sebuah objek,namun dengan resolusi 1.000 kali lebih tinggi.

Dari penelitian,terlihat kaki yang tersembunyi di dalam batu itu berlekuk di bahagian lutut.Akan tetapi, kaki itu tidak memiliki telapak dan tulang jari.

“Struktur tulang kaki yang tersimpan rapi di dalam batu ini serupa dengan struktur tulang milik cicak .

menurut Houssaye,eksperimen pertama yang menggunakan teknik SRCL di dunia paleontology, dan masih banyak yang perlu dianalisa. “Langkah selanjutnya adalah menganalisa fosil tulang belakang ular lainnya, mengamati kaki ular dan cicak hidup dan menganalisa fosil ular tertua yang pernah ditemui..

source: http://www.astrodigi.com/2011/03/ular-purba-berkaki-di-libanon.html
2 Komentar untuk "Penemuan Ular Purba Berkaki dari Libanon"

wahhhh macm2 kita xtahu yer :)

takb besar ularnya yah...

terima kasih atas komen anda...

 
Copyright © 2014 BLOG YANIEJ - All Rights Reserved
Template By Catatan Info