BLOG YANIEJ

Yang Unik Emang Syiokkk!!

Kenapa Gempa Bumi Di Jepun Boleh Sedahsyat Itu?


HARVARD UNIVERSITI Hasil analisis gempa di Jepun yang dilakukan Miaki Ishii dari Harvard Seismology pada Jumaat (11/3/2011).


Para ilmuwan khususnya pakar kegempaan di perbagai dunia masih terus menganalisis punca gempa dahsyat berkekuatan 9 yang menggoncang Jepun,Jumaat (11/3/2011).Gempa dengan kekuatan sebesar itu memang jauh di atas pemikiran para ahli.

Sepanjang sejarah pencatatan gempa secara intensif,gempa tersebut merupakan yang paling kuat.Gempa dengan kekuatan yang hampir setara terjadi lebih dari 1.000 tahun lalu, yakni gempa pada tahun 869 yang diperkirakan berkekuatan 8,4 skala Richter.

Inilah yang membuat para pakar masih terkejut kenapa gempa tersebut boleh sebesar itu?
Professor Yugi Yaji dari Universiti Tsukuba berpendapat,gempa yang diberi nama rasmi gempa Tohoku-Chiho Taiheiyo-Oki terjadi akibat pergerakan di beberapa area sekitar sumber energi gempa (focal point).Menurutnya, hal tersebut yang mungkin boleh menimbulkan kekuatan gempa yang hanya boleh terjadi sekitar 1.000 tahun sekali.

Yaji mengatakan, gempa akibat mekanisme ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Gempa Cile yang terjadi pada tahun 1960 dan gempa Sumatera yang terjadi 26 Desember 2004 juga disebabkan oleh mekanisme serupa.

Para ahli sendiri sebenarnya telah memperkirakan gempa dahsyat akan terjadi di wilayah sekitar zon tersebut, namun diperkirakan hanya berkekuatan 7,5-8 skala Richter.Namun, gempa yang terjadi Jumaat kemarin ternyata lebih besar dengan energi sebanyak 90 kali lebih besar dari perkiraan.Energi seismik yang dilepaskan dalam gempa tersebut 180 kali lebih besar dari gempa besar Hanshim yang menghancurkan Kobe tahun 1995 dan menimbulkan korban jiwa 6.000 orang.

Takashi Furumura, profesor dari Universitas Tokyo, mengatakan, gempa Jumaat kemarin boleh jadi gempa maksimum yang menggoncang Jepun.Gempa tersebut mungkin didorong gempa bermagnitude 7,2 yang menggoncang Miyagi Agustus 2005 lalu. Sebab berdekatan dengan pusat gempa tersebut adalah pusat gempa Miyagi.

Para pakar kegempaan Jepun kini pun masih terus memantau gempa 'terkuat' tersebut. Meskipun diperkirakan tak akan muncul gempa sebesar itu lagi dalam waktu dekat, perubahan struktur tersebut dapat mengaktifkan di sekitarnya dan terjadi gempa berikutnya.Tak hanya gempa susulan, tapi juga gempa di daratan. [sains.kompas.com]
3 Komentar untuk "Kenapa Gempa Bumi Di Jepun Boleh Sedahsyat Itu?"

okay bahasa indonesia.
pulun sikit untuk paham.
hehe.

terima kasih atas komen anda...

 
Copyright © 2014 BLOG YANIEJ - All Rights Reserved
Template By Catatan Info